Minggu, 17 Juli 2011

Festival Layang-Layang Nasional 2011 at Pantai Glagah Indah

weheheeey...! Apa kabar nih pada week end? Aselinya sih ini mau diposting kemaren pas malem minggu. Sepulang dari malem mingguan. Sama siapa? Sama pacar lah! Emang situ, masih jomblo. *dilempar jamban si pina* tapi karena satu dan lain hal, akhirnya baru bisa sekarang. eh jadi gimane tadi week end? Pada ngapain? Aku dong abis jalan sama mas pacar. *nyombong ceritanye* *ditabok yg jomblo* Maklum lah ya. Kapan lagi kalo bukan Sabtu Minggu. Beginilah kalo pacaran sama pengeran bercoding

btw, pangeran bercoding tu geek bukan ya? Banyak yang bilang kalo geek tu susah bersosialisasi, tapi dia bisa tu walau kerjaan ngadep laptop mulu pagi siang sore malem. Sampe-sampe bangun tidur langsung nyalain laptop tercintanya ituh. 

Next posting deh ya aku bahas geek :)

Sekarang pengen share jalan-jalan minggu kemaren aja. Jadi ni ye, ceritanye Minggu 10 Juli 2011 kemaren ane ke Pantai Glagah Indah di kabupaten Kulon Progo. Dari Jogja sekitar satu jam lah ya kurang lebih. Di sana lagi ada Festival layang-layang Nasional 2011 atau National Kites Festival 2011. Festival ini diadakan atas kerja sama Komunitas Pelangi Jogja, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kulon Progo. Menurut Om Jony sebagai humas panitia festival ini, selain utnuk mengangkat pariwisata daerah Kulon Progo, khususnya Pantai Glagah Indah, juga untuk melestarikan kembali budaya dan seni layang-layang yang mulai hilang.

Masih ada gak yang pada suka maen layang-layang? Kalo aku ni, dulu, jaman masih belom kenal behel, jaman masih belom kenal mall, jadi masih dg gigi yg *gak banget dah dulu*, masih maen di lapangan panas-panasan. Walaupun cewek, tapi maennya tetep aja tu sampe mana-mana. Anak kampung bener dah.


Jadi acara festival layang-layang itu udah dimulai dari hari Jumat tanggal 8 Juli 2011, tapi itu baru acara pemberangkatan, persiapan, pidato sambutan-sambutan lain sebagainya gitu deh. Acara intinya sendiri ada di hari Sabtu & Minggu (9-10 Juli 2011). Pengen  banget dateng dari hari Sabtu, tapi apa daya tak ada yang mengantar. hahaha. Mau naik motor sendiri gak asik dong ah dua jam sendirian ;p Akhirnya cuma dateng yang hari Minggu aja. Janjian ni ceritanye sama temen-temen jam 9 kumpul di rumahku. Udah disiapin sarapan segala coz ada yang bilang mau ngikut sarapan (biasa anak kos. xixi) tapi..tunggu... tunggu... tunggu... krik krik krik *tiga jam kemudian* tiga lelaki naik motor baru sampe depan rumah 

Itu tuh gara-garanya nungguin temen yang mau berangkat bareng, nah kagak taunye ude pada berangkat duluan aje. kagak kabar-kabar! Yasudahlah. Akhirnya berangkat lah kami berempat, ketemu sama dua temen lagi janjian di jalan, jadilah berenam. Ngeng..ngeeeng..!

Setelah pantat ini terasa semakin seksi tebal karena dua jam duduk di motor. Iya loh kami naik motor. Naik mobil mah dimana asiknya (emang punya mobil lun? kagak! #gubrak). Sampe sana sekitar jam satu, entah kurang entah lebih :D Parkiran penuh cing! Asli dah, panas beud qaqa (≧∇≦)
Sampe lapangan tempat festival diadakan, ternyata belum mulai karna anginnya masih sepoy-sepoy. Nunggu bentar deh di pinggir lapangan. Apa coba ceman-ceman ritual wajib yang harus dilakukan selama menunggu? Apaaaa?? Yaaaak! Semuanyaaa apaaaa??! Jeprat jepret narseeez! (macem widi vierra manggung aje. wkwkwk)

Nah ternyata kok lama sangat itu layangan gak mumbul-mumbul udah ditungguin. Udah kepanasan, haus, laper, geserlah kami ke deket danau nyari jamban pu'un buat neduh. Gatau berapa menit ada di situ. Udah kek orang-orang salah tujuan aje. haha. Dari pade bingung, mending ke pantenya aje dah. Ini nih penampakan  dermaga yg ada batu-batu pemecah ombak.

Itu tu tu tu.. jadi pantainya ada di kanan kirinya. Sebelah kanan ombaknya gede. Kurang aman untuk berenang (baca: main air). Sebelah kiri (timur) lebih datar dan dangkal, jadi masih aman untuk main-main air sampai sebatas dada.

Liat orang-orang pada basah-basahan bikin tertarik untuk turun juga. Turunlah ke pantai sisi timur yang aman tadi. Sambil nunggu layang-layangnya terbang sih maksudnya. Dari enam orang, yang sukses basah kuyup cuma dua, yang dua gak bawa baju ganti, yang dua lagi takut bikin merah itu lautan. hihihi..
Jadi ya jeprat-jepret lagi aja sambil nunggu yang asik main air.
ini belum sampe tengan. begitu balik bilang, "keren! nglawan ombak gede" berasa lagi latian ilmu kebal aja.

keliatan kan siapa yang paling narsis. sadar kamera banget -____-"

Udahan ni ceritanya main airnya karna makin sore, makin panas, makin laper, makin haus, dan persediaan makan dan minum sudah habis. Padahal sih cuma bawa roti coklat berapa biji, ada gorengan dr pengajian paginya, sm air mineral sumur satu botol standar :D
Balik ke lapangan sapa tau udah mumbul itu layangan 3D yang katanya keren-keren. Baliknya ada lewat jembatan bambu kek gini ni.. 

ish..keyen beud ya qaqa ~.~

Sampe di lapangan, udah antusias banget ni udah pada mau mumbulin itu layangan. Eeeetapi penonton kecewa. Anginnya gak asoy! Kalo cuma buat nerbangin layangan biasa doang mah tinggal tiup juga terbang kali'. Lha ini temanya NAGA! Panjang..gede..kalo angin gak kenceng to the max ya mana tahaaaan. Hasilnya, "tarik..terbang..jatoh. tarik..terbang..jatoh -____-"

Tapi jangan dikira gak ada seru-serunya, mas pacar malah kegirangan liat orang-orang yang berjibaku narik layang-layang naga. Keren katanya. Satu layang-layang panjang gitu ditarik sekitar 8 orang kalo yang panjang banget. Naganya juga cantik-cantik warnanya. Udah gak perduli lagi deh sama panasnya matahari. Lupa haus & laper. Jam setengah lima sore baru deh kami pulang. Udah selesai juga layangan yang cantik-cantiknya. He

Segini dulu aja ya postingan kali ni. Jangan lupa komennya ya. see you next posting :) dan ini beberapa hasil jepretan mas pacar:

 layang-layang salah satu peserta "kuda laut"


 naga merah lagi ditarik biar mumbul


 naga hijau mau terbang *dek, minggir bisa gak? tabrak ni.tabrak ni..!*


 naga hijau udah mulai terbang dg angin seadanya


 green dragon in the sky *sayang langitnya mendung*


naga merah "rawrrr!"

 hok yaa! hok yaa! tariik! tariik!

oia, kalo mau lihat cerita detilenya liat aja INI (bukan konten dewasa kok. haha). tapi maaf kalo roaming.


sumber foto dermaga from http://wisatadikulonprogo.blogspot.com
foto lainnya koleksi pribadi :)

2 komentar:

  1. Waww asik ni *ngakak* .. Itu layangan nya mau dong .. Bungkus bungkus (haha)
    *kaya yang bisa nerbangin*

    BalasHapus
  2. hahaa. itu nerbangin harus minta bantuan orang sekampung (haha)

    BalasHapus